Monday, February 13, 2012

RUMAH SUSUN (Bagian2)

Struktur Konstruksi Rumah Susun

Bangunan rumah susun berdasarkan pembagian kelas yang diuraikan pada SNI-1728-1989-F tentang Standar Tata Cara Pelaksanaan Mendirikan Bangunan Gedung, dimasukkan pada kelas II yaitu sebagai bangunan rumah tinggal luar biasa.

Dalam penerapan koordinasi modular dalam rumah susun (rumah susun biasanya mempunyai bentuk dan ukuran yang seragam satu unit dengan unit lainnya) haruslah memenuhi berbagai ketentuan yang dipersyaratkan. Dalam Standar Tata Cara Perencanaan Rumah Susun Modular(SK SNI-T-13-1991-03) dijelaskan bahwa pengelompokkan modul satuan rumah susun dapat menggunakan beberapa cara dalam penentuan ukurannya. Dalam ketentuan ini tidak diatur secara tegas mengenai ukuran modul yang harus dipergunakan. Dalam hal ini perencanaan diberikan suatu kebebasan dalam menentukan ukuran modul yang nantinya dipergunakan.

1. Sistem Modular

Modul dalam komponen bangunan ditentukan oleh suatu koordinasi dimensi masing-masing komponen yang mana koordinasi ini tidak dapat dibicarakan secara terpisah dari proses disain. Koordinasi ini berkembang dari waktu ke waktu, merupakan bagian utuh dari perkembangan teknologi bangunan yang terus berkembang dimana pada akhirnya akan menjadi embrio dari industri bangunan.

Masing-masing komponen dalam industri bangunan mempunyai suatu ukuran yang dihubungkan dengan suatu ukuran dasar sehingga komponen bangunan ini tetap dapat berhubungan satu dengan lainnya walaupun adanya perbedaan pabrik komponen bangunan. Disinilah perlunya suatu perjanjian secara internasional mengenai ukuran dasar dari modul tersebut yang bisa diterima oleh semua pihak. Tampaknya ukuran 10 cm dan 4 inch merupakan suatu ukuran modul yang telah disetujui secara internasional yang mana dalam praktek, ukuran ini sangat penting dalam membuat suatu kesesuaian sambungan antar komponen serta profil pinggir dari ukuran dasar diatas. Hal diatas diungkapkan oleh Matthews dalam kuliah yang diberikannya pada International Course on Planning and Building. Lebih lanjut Matthews mengungkapkan bahwa :

“When agreement has been reached in the basic sizes of the principal components in building, industrialization can proceed. The co-ordination of dimensions is so closely connected with the development of building technology that it cannot proceed too far ahead of the evolution of building processes themselves“

Dalam hal suatu perencanaan bangunan, suatu komponen yang modular diusahakan untuk seminimal mungkin melakukan modifikasi di dalam site, sehingga perencanaan awal merupakan hal penting yang harus benar-benar diperhatikan. Sambungan antar komponen modular haruslah benar-benar sesuai dan tepat dengan ukuran komponen juga haruslah benar-benar tepat dengan ukuran bangunan dan ukuran komponen yang lainnya. Hal ini untuk meminimalkan penyesuaian dan modifikasi di lapangan seperti yang diuraikan di atas. Selain dapat mempercepat pekerjaan hal ini juga diusahakan agar dapat mengurangi biaya pelaksanaan.

Adanya bentuk, ukuran maupun sambungan dari komponen yang telah disesuaikan antara produk satu dan lainnya merupakan suatu cikal bakal dari suatu industri dalam bangunan. Komponen bangunan seperti dinding, kolom, balok maupun lantai akan dapat diproduksi di pabrik, sehingga pemakai cukup membeli komponen-komponen tersebut yang dirangkai satu dengan yang lainnya sehingga pekerjaan akan dapat dipercepat, meminimalkan tenaga kerja serta mutu dapat lebih dijamin karena semuanya dikerjakan di pabrik, sementara yang dilaksanakan di lapangan hanyalah penyambungan antar komponen.

Dalam hal ini perlu suatu standar yang bersifat internasional dan diakui oleh seluruh pelaku konstruksi sehingga antara satu komponen dengan komponen lainnya dapat saling mengisi. Ukuran komponen dengan modul, spesifikasi komponen, bentuk sambungan yang ada dan jenis bahan yang digunakan tentunya sangat menentukan usaha industrialisasi dalam usaha bangunan ini. Produk satu haruslah dapat disambungkan dengan produk lainnya secara tepat tanpa perlu adanya modifikasi lainnya. Dengan sistem ini masing-masing produk akan saling melengkapi satu dengan lainnya. Sistem seperti ini disebut dengan sistem terbuka (open system) dimana komponen satu dengan lainnya dapat disambungkan dengan tepat. Sementara itu sistem tertutup (close system) dimana hanya komponen yang diproduksi oleh pabrik tertentu saja yang dapat saling disambungkan. Hal ini biasanya yang dikeluarkan oleh satu pabrik.

2. Disain Rumah Susun

Disain bangunan akan sangat menentukan proses konstruksi selanjutnya. Dalam hal inilah arsitek dituntut peka terhadap pilihan disainnya. Pilihan disain ini harus disesuaikan tujuan awal dari bangunan yang akan didirikan. Disain yang memungkinkan mempercepat pekerjaan dengan menekan biaya seoptimal mungkin haruslah menjadi perhatian yang utama.

Komponen bangunan yang dibuat secara precast merupakan suatu langkah yang dapat mempercepat proses membangun serta dapat menekan biaya konstruksi disamping mutu yang dihasilkan cukup terjamin. Komponen precast ini dibuat di dalam pabrik baik itu pabrik yang berada di suatu tempat yang khusus maupun pabrik yang didirikan di lokasi bangunan.

Penggunaan komponen bangunan precast ini, memerlukan disain yang modular sehingga komponen-komponen bangunan dapat dibuat di pabrik secara berulang. Dalam hal disain yang modular ini dan komponen yang dibuat secara precast perlu juga dipertimbangkan keberadaan tenaga kerja murah yang banyak tersedia.

Kondisi Indonesia tentunya tidaklah dapat disamakan dengan kondisi negara maju yang mana tenaga kerja di negara tersebut sangatlah mahal sehingga pemakaian peralatan yang canggih betul-betul dapat menekan biaya produksi. Di Indonesia pemakaian tenaga kerja dengan sistem padat karya masih merupakan pilihan yang menguntungkan, tentunya masih dalam koridor dapat mempercepat proses pekerjaan seperti yang dipersyaratkan di atas. Dalam hal inilah harus dipilih suatu sistem yang dapat mempercepat pekerjaan yaitu dengan sistem precast, akan tetapi masih memungkinkan pemakaian tenaga kerja yang berimbang. Seperti misalnya pemakaian modul yang komponennya masih bisa diangkat oleh 4 orang tenaga kerja dan bisa dipasang secara cepat oleh tenaga kerja tersebut dengan peralatan yang sederhana. Pemakaian peralatan dalam proyek hanya diusahakan untuk mempercepat proses pekerjaan seperti pengangkutan secara horizontal yang jauh ataupun pengangkutan vertikal.

3. Sistem Struktur

Tinjauan dasar dalam perencanaan struktur adalah kestabilan struktur pada segala kondisi pembebanan yang mungkin timbul. Pada struktur stabil, deformasi yang diakibatkan oleh beban pada umumnya kecil, dan gaya internal yang timbul di dalam struktur mempunyai kecenderungan mengembalikan bentuk struktur ke bentuk semula apabila beban dihilangkan. Sementara itu pada struktur tidak stabil hal ini tidak terjadi dan cenderung terus mengalami deformasi. Hal ini terjadi karena struktur yang tidak stabil tidak memiliki gaya-gaya internal yang mampu untuk mengembalikan struktur ke bentuk semula.

Salah satu sistem struktur yang ada adalah sistem struktur rangka. Dalam sistem rangka komponen yang menyalurkan beban-beban tadi adalah berupa kolom dan balok yang masing-masing mempunyai tugasnya masing-masing.
Dalam rumah susun yang direncanakan sistem struktur yang dipergunakan adalah sistem rangka dimana komponen-komponen strukturnya dibuat secara precast. Dengan menggunakan sistem precast ini banyak keuntungan yang didapatkan yaitu:

“Frames are produced under factory controlled conditions resulting in a uniform product of both quality and accuracy. Repetitive casting lowers the cost of individual members. Off site production releases site space for other activities.
Frames can be assembled in cold weather and generally by semi skilled labour.”
(R Cudley, 1994: 300)

Sementara itu beberapa kerugian dalam memanfaatkan sistem precast pada struktur adalah:

“Although a wide choice of frame is available from various manufacturer’s these system lack the design flexibility of cast insitu purpose made frames. Site planning can be limited by manufacture’s delivery and unloading programmes and requirements. Lifting plant of a type and size not normally required by traditional construction methods may be needed.”(R Cudley, 1994: 300)

Dengan pemakaian komponen precast tentunya permasalahan yang utama adalah pada sambungan dari masing-masing komponen yang ada. Hal ini perlu diperhatikan karena kelemahan utama pada sistem precast adalah pada sambungan dari komponennya. Untuk menaggulangi hal ini dalam usaha mendapatkan kestabilan dari struktur yang bersangkutan, dilakukan dengan pemberian elemen tambahan pada struktur rangka tersebut yaitu berupa penambahan elemen dinding geser pada strukturnya. Penambahan elemen ini diharapkan memberikan kestabilan yang baik pada struktur.
Penambahan dinding geser pada struktur rangka ini dimungkinkan karena pada suatu rumah bukaan-bukaan tidaklah terlalu banyak, sehingga memungkinkan untuk penggunaan dinding pemikul tersebut. Dengan adanya perpaduan ini tentunya dimensi kolom dan baloknya dapat dikurangi sementara itu ketebalan dindingpun dapat dikurangi akan tetapi tetap menghasilkan kekuatan yang sama. Pengurangan dimensi dari masing-masing komponen tentunya dapat mempermudah dalam pengangkutan dan tentunya juga pemasangan dilapangan. Hal ini dapat meringankan beban peralatan dan tenaga kerja sehingga pekerjaan lebih dapat diselesaikan dengan baik.

Suatu struktur dapat dimasukkan dalam “large panel construction” atau “small panel construction”. Pada sistem struktur yang mempergunakan small panel construction, ukuran komponennya lebih kecil dari ukuran ruangnya. Secara umum lantai dan dinding dari bangunan terdiri dari sambungan antar panel tersebut. Sementara itu pada large panel construction, sambungannya hanya berada pada hubungan antar komponen, misalnya dinding dengan balok dan dinding dan lain sebagainya.

Pemilihan sistem apakah mempergunakan small panel construction atau pemakaian large panel construstion, haruslah memperhatikan beberapa hal yang sangat menentukan pemilihan sistem tersebut. Adapun hal-hal yang menentukan tersebut adalah:

“The height and number of storeys of building. The capacity of the crane.
the location of the precasting yard or factory. The span and spacing of the frames and the storey height. The superimposed loads on the floors.”
(Koncz, 1970: 2)

Dalam hal untuk menghasilkan struktur members precast yang sederhana dan mudah dalam pengangkutan sistem dengan members yang kecil sangat menguntungkan. Sistem seperti ini juga sangat menguntungkan dan sangat sesuai untuk bangunan banyak lantai dan dengan live load yang besar. Lebih lanjut diuraikan bahwa

“Another advantage is that all the units can be type-standardised and produced in quantity in a precasting work.” (Koncz, 1970: 18)

Dengan mempergunakan sistem ini permasalahan tenaga kerja, kemampuan crane untuk transportasi vertikal maupun, lokasi precasting work dapat di-minimize. Konstruksi nantinya akan dapat menampung cukup banyak tenaga kerja (di Indonesia banyak tersedia tenaga kerja murah), dengan teknologi yang dipergunakan masih sederhana sehingga masih dapat ditangani oleh tenaga ahli dari Indonesia sendiri. Kondisi seperti ini tentunya banyak manfaatnya dalam menurunkan biaya konstruksi. Dengan teknologi sederhana dan komponen yang cukup kecil, memberikan konstribusi dimana precasting work dapat dibuat dimana saja dan dapat dipindahkan dengan mudah sehingga pilihan untuk menempatkan precasting work di site sangat memungkinkan.

No comments:

Post a Comment